Stok Bahan Pokok di Pekanbaru Cukup Hingga Idulfitri 1445 H

Stok Bahan Pokok di Pekanbaru Cukup Hingga Idulfitri 1445 H
Asisten II Setdako Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut

Riauaktual.com - Ketersedian bahan pokok di Kota Pekanbaru, diperkirakan mencukupi hingga Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memastikan ketersediaan bahan pokok dengan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait. 

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, guna memastikan stok bahan pokok aman, Pemko Pekanbaru akan berkoordinasi dengan sejumlah distributor.

"Stok bahan pokok aman. Masih aman. Artinya di Januari kita deflasi malahan. Deflasi 0,19 persen," terang Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (6/2/2024). 

Pemerintah kota juga melakukan langkah antisipasi agar tidak terputusnya suplay bahan pokok. Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Kemudian dengan distributor, dan agen-agen.

"Agar bisa kita pastikan suplay nya cukup dan lancar. Sehingga nanti dinamika harga tidak mengalami kenaikan yang drastis," jelas Ingot. 

Menurutnya, pemerintah kota akan menjaga pasokan beras, baik melalui program, maupun beras yang dicanangkan distributor swasta agar harganya bisa terkendali. Karena harga beras menjadi salah satu komoditi yang berpengaruh dalam menentukan angka inflasi daerah. 

"Yang pertama kita memang harus menjaga betul-betul pasokan beras. Baik melalui program SPHP, Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, maupun beras-beras yang dicanangkan distributor swasta agar harganya bisa terkendali," ungkapnya. 

Pihaknya mencatat ada beberapa komoditi seperti minyak goreng, dan gula yang memang beberapa hari terakhir ini trend harganya mengalami kenaikan. 

Ingot menyebut kenaikan ini harus diantisipasi. Apalagi tidak lama lagi akan memasuki momen bulan ramadhan dan Idul Fitri. Disana nanti permintaan mengalami peningkatan dikhawatirkan akan ada kenaikan harga pada sejumlah bahan pokok.

Berita Lainnya

Index
Nasional

Daya Tampung SMP Negeri Terbatas, Disdik Pekanbaru Kerjasama Dengan Swasta

Nasional

Polsek Tenayan Raya Amankan Pemuda Pencuri Handphone untuk Membeli Sabu

Nasional

Kapolres Siak Pimpin Rapat Evaluasi dan Arahan Pimpinan

Nasional

Rampas Handphone IRT, Dua Pemuda Ditangkap Polsek Tenayan Raya

Nasional

Pembebasan Lahan untuk Flyover di Simpang Panam Segera Terealisasi