Perampok Bersenjata di Sumatera Barat Tewas dalam Baku Tembak dengan Polisi

Sabtu, 27 Januari 2024 | 19:07:44 WIB
Direskrimum Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan

Riauaktual.com - Seorang perampok bersenjata api, yang terlibat dalam serangkaian kejahatan di lima lokasi di Sumatera Barat selama bertahun-tahun, tewas setelah baku tembak dengan aparat kepolisian di Kabupaten Kampar, Sabtu, (27/1/2024).

Dalam pengungkapan kasus, Direskrimum Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan, menjelaskan bahwa pria berinisial R melukai dua petugas saat akan ditangkap.

R diduga terlibat dalam serangkaian perampokan bersenjata api dan telah menjadi buronan polisi sejak 2022.

"Kami mem-backup Jatanras Polda Sumatera Barat dalam penangkapan pelaku yang tinggal di Kampar. Dia melakukan kejahatannya di Provinsi Sumatera Barat berkali-kali," kata Asep.

Saat polisi menyergap R di kediamannya, R melepaskan tembakan ke polisi, menyebabkan Aiptu Edi Jurmano tertembak di pergelangan tangannya.

Baku tembak berlangsung di sekitar rumah pelaku, dihentikan setelah R tewas di halaman belakang rumahnya.

"Jenazah R dibawa ke RS Bhayangkara sebelum pemulangan ke kampung halamannya di Aceh," terang Kombes Asep.

Hasil penggeledahan di rumah R menemukan tiga pucuk senjata api rakitan dan pabrikan, beserta peluru. Namun, belum diketahui asal-usul senjata tersebut, kata Asep.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Hery Murwono, menjelaskan bahwa lokasi R diketahui setelah penangkapan dua tersangka lain, IL dan MZ, di Tapung, Kabupaten Kampar, Kamis lalu.

"IL inisiator dan MZ eksekutor," pungkas Hery.

Terkini